Ini Lho Alasan Mata Kita Merah Menyala Saat Foto Menggunakan Flash!

Ilustrasi

Rancah.com – Saat berkumpul dan berjumpa dengan keluarga maupun teman lama, hal yang tak pernah kita lupakan pastinya adalah berfoto untuk membuat kenangan.

Foto terkadang diambil pada malam hari dengan kondisi minim cahaya. Jika hal tersebut terjadi, yang kita lakukan adalah menyalakan flash pada kamera handphone kita. Namun kerap kali kita akan kecewa dengan hasil yang didapat, karena flash seperti membuat mata kita menyala dan berwarna menjadi kemerahan.

Lalu sebenarnya apa penyebab flash dapat membuat foto kita terlihat berbeda? Berikut penjelasannya :

Penyebab

Red Eye Effect adalah suatu efek yang memancarkan cahaya merah terang pada mata seseorang dimana hal tersebut sangat mengganggu. Efek ini terjadi ketika kamu menggunakan flash dalam situasi minim cahaya, seperti berada pada ruangan yang gelap, malam hari dan tidak ada lampu, klub malam dan lainnya.

Di bagian mata kita terdapat bulatan kecil yang dapat mengecil dan membesar, dinamakan pupil. Pupil bertugas untuk menentukan banyaknya cahaya yang masuk ke dalam mata. Pada kondisi minim cahaya, pupil pada mata akan melebar sehingga akan membiarkan cahaya masuk sebanyak-banyaknya ke dalam mata.

Ketika kita menggunakan flash, flash yang masuk ke mata akan terpantul kembali lewat mata bagian belakang sehingga akan terkirim kembali ke arah datangnya cahaya sehingga hasil yang didapat ketika foto adalah mata dengan warna merah menyala.

Cara Mengatasi

Setelah mengetahui penyebab dari mata kita menjadi merah menyala, pastinya kita tidak ingin hal tersebut terjadi agar kualitas foto yang kita hasilkan sesuai dengan yang kita harapkan. Nah, berikut cara agar menghindari efek red eye pada foto yang kita ambil nih guys :

1. Jika Ada, Gunakan Mode Pengurangan Red Eye

Beberapa kamera keluaran terbaru telah dibekali dengan mode pengurangan red eye. Mode ini dirancang secara otomatis mengurangi efek red eye tanpa harus mengubah pengaturan lainnya.

2. Atur Posisi

Pernah mendengar kata ‘posisi menentukan prestasi?’ , yap kata tersebut berlaku juga lho saat kita di foto. Kamu bisa mengatur untuk foto kamu dengan gaya sedikit menyamping. Sehingga cahaya tidak langsung masuk ke mata.

3. Menggunakan Flash Eksternal

Jika kamu memang sangat butuh cahaya untuk foto, kamu bisa menggunakan flash eksternal. Flash tersebut dipasang jauh dari lensa (hal ini bisa menghindarkan hasil gambar terkena efek red eye, karena cahaya terpantul di retina tidak akan dikirim ke lensa).