Jokowi Berikan Pesan Penting Kepada Para Pengusaha Besar, Jokowi : Libatkan UMKM

Instagram @jokowi

Rancah.com – Presiden Jokowi menitipkan pesan keras kepada para pengusaha kelas kakap agar mereka juga perduli dengan lingkungan dimana bisnis atau perusahaan mereka beroperasi, Presiden Joko Widodo berpesan agar para pengusaha tidak hanya mementingkan perusahaannya sendiri, Presiden Indonesia asal solo itu menegaskan agar para pengusaha juga turut melibatkan UMKM dalam perjalanan bisnis mereka.

“Yang perlu terus akan saya lihat adalah usaha besar tidak boleh hanya mementingkan perusahaan sendiri, dirinya sendiri. Tolong dilihat lingkungannya ada usaha menengah, kecil, mikro, libatkan dalam kegiatan-kegiatan perusahaan,” katanya.

Lebih lanjut, Jokowi berharap agar kontrak kerja sama antara UMKM dapat berkelanjutan. Hal ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi pertumbuhan ekonomi yang inklusif.

“Tidak hanya sekali, tapi terus-menerus. Kemudian terus meningkat nilainya serta meningkat pula luas cakupannya. Kalau sekarang kontraknya Rp1 miliar, tahun depan bisa Rp5 miliar, tahun depannya lagi bisa Rp10 miliar, tahun depannya lagi bisa Rp100 miliar. Itu yang kita inginkan sehingga secara signifikan meningkatkan kelas dan daya saing UMKM kita di pasar global. Ini penting,” pungkasnya.