Bagaimana Rekomendasi Saham dan Pergerakan IHSG Hari Ini, 3 Februari 2020?

Pada pembukaan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hari ini Senin, 3/2/2020, dibuka melemah 0.32 poin ke level 5.920.97 seperti yang dilansir market.bisnis.com (3/2/2020).

Sebagian besar bursa saham lainnya di Asia juga tertekan. Indeks Shanghai Composite yang baru saja membuka perdagangan pasca libur Tahun Baru Imlek mengalami penurunan 7.35%.


Indeks diprediksi masih mengalami kelesuan akibat dibayangi ketakutan investor terkait dengan penyebaran virus corona yang melemahkan ekonomi China.

Selain itu, ada sentiment dari dalam negeri yang bisa mempengaruhi dampak pasar yaitu rilis data inflasi dan PDB, menurut analis Valbury Sekuritas.

Ia memperkirakan inflasi di bulan Januari 0.42 persen mom dan 2.82 persen yoy. Adapun pertumbungan pada tahun 2019 diperkirakan oleh pelaku pasar sekitar 5.04 persen.

JIka dilihat bahwa perkembangan ekonomi dunia saat ini belum begitu serius menunjukkan indikasi resesi, meskipun dibayangi oleh ketidakpastian ekonomi global.

Menurut lansiran cnbcindonesia.com (3/2/2020), pada perdagangan hari ini, IHSG sama dengan mayoritas bursa saham utama di kawasan Asia yang juga bergerak di zona merah. Indeks Nikkei jatuh 1,01%, Shanghai 7.72%, indeks Straits Time terkoreksi 1,18% dan indeks Kospi turun 0.01%.

Infieksi virus corona yang makin meluas menjadi factor yang menekan kinerja bursa saham China. Virus tersebut telah menyerang sistem pernafasan manusia. Gejala dan paparan virus corona ialah batuk, sakit tenggorokan, sakit kepala, dan demam (seperti yang dilansir cnn internasional).

Kasus virus corona juga telah menyebar ke negara lain. Hingga hari ini, sekitar 22 negara telah mengonfirmasi terjadinya infeksi virus corona di wilayah mereka.

Angka inflasi yang berada di bawah ekspektasi praktis menguatkan pandangan bahwa tingkat konsumsi masyakarat Indonesia sedang berada di level rendah. Merespon hal tersebut, saham konsumer dilego pelaku pasar, mendorong indeks di sektor barang konsumsi terkoreksi 0.53%.



    KOMENTAR