Fakta Menarik Tentang Tata Surya

Rancah.com – Bumi merupakan satu dari tata surya yang ditinggali oleh makhluk hidup. Selain itu rupanya tata surya kita menyimpan begitu banyak keajaiban misteri yang begitu mengagumkan.

Berikut ini adalah fakta menarik tentang tata surya kita.


1. Objek terbesar di tata surya

Matahari adalah objek terbesar di tata surya dengan diameter (pada equator) sepanjang 1.392.140 km. Urutan kedua ditempati oleh planet Jupiter dengan diameter 142.984 km. Urutan berikutnya berturut-turut adalah Saturnus (120.536 km), Uranus (51.118 km), dan Neptunus (49.600 km). Bumi kita menempati urutan ke-6 dengan diameter 12.756 km disusul oleh Venus (12.103 km) dan Mars (6.749 km)

2. Satelit alam terbesar

Ganymede dan Titan merupakan satelit alam (bulan) terbesar di tata Surya kita. Berikutnya berturut-turut disusul oleh Callisto dan Lo (Jupiter).

3. Satelit alam

Diantara kesemua planet anggota tata surya, hanya bumi yang mempunyai satu-satunya satelit alam. Sementara itu, dua di antara kesembilan planet sama sekali tidak memiliki satelit yaitu Merkurius dan Venus.

4. Suhu paling ekstrim

Planet dengan temperatur paling ekstrim di tata Surya adalah Merkurius. Temperatur siang hari di sana mencapai hingga 427°C dengan temperatur yang seperti itu kita dapat melelehkan logam seng. Di malam hari, temperatur turun hingga -183°C cukup dingin untuk membekukan krypton. Selain itu planet Merkurius tercatat planet yang paling dekat dengan matahari.

5. Planet terpanas

Walaupun Merkurius merupakan planet yang paling dekat dengan matahari, namun rekor planet terpanas dipegang oleh Venus dengan suhu mencapai 482°C. Hal ini diakibatkan oleh efek rumah kaca dari atmosfer Venus yang kaya akan unsur karbondioksida.

6. Planet terdingin

Walaupun kini Pluto sudah diakui sebagai satelit bukan planet, namun ternyata pluto merupakan yang terdingin di sistem tata surya kita. Temperaturnya mencapai -233°C (-387°F).

7. Planet paling cemerlang

Apabila Jupiter dan bumi dilihat dari jarak yang sama, maka Jupiter akan terlihat 164 kali lebih cemerlang dilihat dari bumi. Planet yang paling cemerlang adalah Venus dengan magnitudo -4,4.

8. Bintang terdekat

Bintang terdekat dari bumi adalah Proxima Centauri. Bintang sejauh 4,23 tahun cahaya ini terlalu redup untuk bisa dilihat oleh mata telanjang. Bintang terdekat yang dapat dilihat dengan mata telanjang adalah Alpha Centauri (4,4 tahun cahaya ( yang terlihat sebagai bintang paling terang pada rasi centaurus di langit belahan selatan.

9. Hujan meteor terbesar

Hujan meteor Leonid yang terjadi pada tanggal 16-17 November 1966dan terlihat di Amerika Utara bagian barat hingga Rusia bagian timur merupakan hujan meteor terbesar yang pernah tercatat. Meteor yang melintas di wilayah Arizona tercatat mencapai 2.300 meteor per menit selama 20 menit.



    KOMENTAR