Kilas Balik Upaya Legalisasi Arak Bali

Rancah.com – Legalisasi arak Bali tak hanya sekedar wacana saja. Akhirnya, arak khas Bali tersebut berhasil dilegalkan. Minuman alkohol khas Bali ini baru saja disahkan oleh Gubernur Bali I Wayan Koster.

Ternyata legalisasi tersebut sukses dilakukan karena sesuai dengan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 1 Tahun 2020 tentang Tata Kelola Minuman Fermentasi dan/atau Destilasi Khas Bali. Dikutip dari laman Detik.com (5/2/20).


Pergub ini memang baru disahkan beberapa hari yang lalu, namun pengajuannya ke Kementerian Dalam negeri telah dilakukan sejak 29 Januari 2020. Koster berharap melalui pergub ini, minuman khas Bali dapat dikelola, dilindungi, serta dipelihara dengan baik.

Sebelumnya legalisasi arak bali ini sudah direncanakan dari tahun lalu. Segelintir pejabat Bali pun mendukung wacana yang digagas oleh Koster itu, diantaranya Ketua Majelis Utama Desa Pakraman (MUDP) Bali, Jero Gede Wayan Suwena.

Namun ia mengingatkan kembali jika kadar alkohol dari arak bali harus benar-benar diatur. Menurutnya, pelegalan arak bali juga sangat bagus untuk meningkatkan pendapatan petani arak di Bali. Dikutip dari laman Radar Bali (15/2/19).

Pendapat Jero itu seiring dengan Koster, Koster juga melihat bahwa melalui legalisasi arak bali tersebut dapat membantu ekonomi rakyat, terutama para petani arak.



    KOMENTAR