Gelombang Cinta, Dulu Dipuja Sekarang Entah Kemana?

Masih ingat dengan tanaman Anthurium?, beberapa tahun lalu tanaman hias Gelombang Cinta sempat atau Anthurium sangat terkenal dan begitu nge-hits di masyarakat.

Gelombang Cinta atau Anthurium Plowmanii menjadi pujaan banyak orang. Banyak yang penasaran hingga mencari ke seluruh ujung kota, padahal harganya sangat melambung tinggi mencapai jutaan bahkan miliaran rupiah.


Karena harganya yang begitu tinggi, berbisnis jual beli tanaman hias Gelombang Cinta menjadi ketertarikan semua orang. Namun perlu juga berhati-hati karena pada jaman itu pencuri atau maling juga sangat tertarik mencuri tanaman dari pada mencuri perhiasan emas. Bagaimana tidak, harganya saja bisa sampai miliaran, bisa bangun rumah dan beli mobil dalam sekali waktu.

Fenomena ini dicurigai sudah direncanakan oleh sekelompok orang yang sengaja membuat pasar heboh dengan kedatangan tanaman hias terbaru Gelombang Cinta.

Bahkan beberapa orang berani menipu dengan menjual bibit tanaman Gelombang Cinta palsu. Bibit yang dijual ukurannya kecil sehingga tidak bisa dibedakan antara yang asli dengan yang palsu. Tapi, saat ini Gelombang Cinta sudah hilang di telan bumi.

Bergulirnya waktu, harga Gelombang Cinta ternyata bukannya makin melejit, namun sebaliknya. Yang dulu dipuja-puja, ternyata tak memakan waktu lama. Saat ini, nasib Gelombang Cinta tak lagi sepopuler dulu. Bahkan, namanya jarang diperbincangkan orang. Memang, tanaman tersebut masih dijual di beberapa tempat, tapi harganya begitu murah jika dibandingkan dengan dahulu.

Melejitnya nama Gelombang Cinta di tahun 2007 memang di luar dugaan. Menurut Ir. Debora Herlina MS, seorang fisiologi tanaman hias, melejitnya harga Gelombang Cinta bukan dibangun oleh kondisi natural pasar.

Mahalnya harga Gelombang Cinta memang tak bertahan lama. Dari semula yang dipuja, tiba-tiba saja harga tanaman tersebut jatuh drastis. Begitu banyak pebisnis tanaman hias yang langsung bangkrut karena perubahan pasar yang tiba-tiba.

Mengingat harganya yang dulu sempat semiliar, harga Gelombang Cinta saat ini bisa dibilang terpuruk alias murah banget. Meski begitu, bukan berarti bunga ini nggak ada yang meminati. Masih ada kok, beberapa orang yang gemar mengoleksi dan membeli.

Memang, tanaman satu ini indah dan mudah dirawat, disiram ngawur pun Gelombang Cinta akan tetap hidup. Beberapa kolektor dan pedagang bahkan yakin kalau Gelombang Cinta nantinya bakal ramai dan mahal lagi. Hal itu didasari dengan banyaknya peminat baru yang mampu merawat dan mengembang biakkan tanaman tersebut dengan baik.

Kalau memang melejitnya Gelombang Cinta merupakan skenario yang dibuat oleh sekelompok pedagang, pantas saja hasilnya tak bertahan lama.



    KOMENTAR