Inilah 7 Fakta Mencengangkan Tentang Lubang Hitam, Ada yang Ukurannya Sebesar Gunung

Rancah.com – Lubang Hitam atau Black Hole adalah sebuah tempat yang dimana semua benda bisa terhimpit dengan sangat kuat, hingga tidak ada satupun yang bisa lolos, termasuk bulan, planet bintang bahkan cahaya. Semuanya akan tersedot jika diposisi dekat dengannya, seperti itulah penggambaran betapa mengerikannya lubang hitam. Penasaran dengan hal lain terkait lubang hitam?

Berikut inilah 7 fakta tentang lubang hitam yang dilansir dari Brainberries.


1. Ditemukan pertama kali pada sekitar tahun 1960. Cygnus X-1 adalah lubang hitam yang pertama kali diketahui oleh ilmu pengetahuan manusia. Para ahli butuh waktu 1 dekade untuk dapat mengidentifikasi Cygnus X-1. Lalu NASA menyampaikan bahwa Cygnus X-1 memiliki ukuran yang fantastis yakni 10 kali lebih besar dari matahari kita. Bahkan ada bintang yang ukurannya 20 kali lebih besar dari matahari kira sampai harus ‘berdarah-darah’ lantaran emisi sinar X besar-besaran yang berasal dari lubang hitam tersebut.

2. Tak kasat mata. Dinamakan lubang hitam memang karena tidak ada satupun cahaya yang bisa menghindarinya. Dengan kata lain, tidak mungkin untuk bisa merasakan dan melihat lubang hitam, walaupun dengan menggunakan suatu perangkat. Menurut NASA, untuk melihat keberadaan lubang hitam adalah dengan melihat dampak terhadap kondisi disekitarnya. Jika ada lubang disekitar bintang, maka akan membuat bintang tersebut menjadi lebih panas dan lebih terang dan bersinar dalam sinar-X.

3. Ukurannya ada yang sebesar gunung. Berdasarkan keterangan NASA, ada 3 macam lubang hitam dari ‘relative squeakers’ hingga lubang hitam yang hampir mendominasi seluruh galaksi. Lubang hitam dengan ukuran paling kecil disebut Primordial, yakni ukuran besarnya mulai dari ukuran 1 atom sampai dengan seukuran gunung. Namun, lubang hitam yang paling banyak ditemui adalah lubang hitam Stellar yang ukurannya bisa mencapai 20 kali lipat lebih besar dari ukuran matahari kita.

4. Ada lubang hitam supermasif di Galaksi Bima Sakti. Alam semesta yang kita tinggali ini yakni Galaksi Bima Sakti memiliki lubang hitam yang supermasif. Tetapi para astronom sudah memberikan konfirmasi bahwa kondisi galaksi kita baik-baik saja, walaupun ada lubang hitam supermasif di pusatnya.

5. Tercipta dari bintang masif yang mati. Pada saat sebuah bintang seperti matahari mati, bahan bakar nuklir yang membakarnya secara perlahan akan memudar dan menjadi bintang putih. Tetapi peristiwa tersebut tidak akan terjadi pada bintang yang besar. Saat bintang-bintang masif kehabisan bahan bakarnya, maka gaya gravitasi akan membanjiri bintang dan bintang kehilangan bentuk yang stabil dan terjadilah ledakan supernova. Ledakan supernova akan terjadi apabila gravitasi bintang menjadi sangkat kuat dan menghancurkan bintang itu sendiri. Sisa dari inti bintang akan meninggalkan gravitasi yang begitu besar, yang dapat menghisap semua benda yang ada disekitarnya dan inti tersebut menjadi lubang hitam.

6. Lubang hitam tidak abadi. Walaupun lubang hitam memiliki kekuatan hisap yang sangat dahsyat, tapi seiring berjalannya waktu, objek ini bisa lenyap. Stephen Hawking pada tahun 1974 menemukan fenomena yang dinamakan radiasi Hawking. fenomena radiasi Hawking memecah massa lubang hitam ke ruang angkasa sepanjang waktu sampai tidak ada energi yang tersisa dari lubang hitam itu sendiri.

7. Bagaimana jika manusia terhisap lubang hitam?. Apabila seseorang terhisap ke dalam lubang hitam, maka tubuh akan memanjang dan meregang layaknya seperti pasta gigi yang mencuat. Seorang ahli astronom asal Inggris yakni Sir Martin Rees menyatakan bahwa fenomena ini dinamakan dengan Spagetisasi. Jika setelah terhisap lubang hitam kalian masih hidup, maka kalian akan mengalami pembengkokan ruang dan waktu serta dapat menyaksikan segala hal yang terhisap ke dalam lubang tersebut sesudah dan sebelum terhisapnya kalian. Dengan kata lain, kalian bisa menyaksikan sendiri asal usul alam semesta, yang berawal dari Big Bang hingga akhir hayat alam semesta itu sendiri.

Tolong bantu bagikan artikel ini agar dapat bermanfaat dan menambah wawasan serta ilmu pengetahuan banyak orang. Terimakasih.



    KOMENTAR