Stop Bullying dari Sekarang! Karena Dampaknya Sungguh Mencengangkan

Rancah.com – Secara harfiah bullying adalah kekerasan, ancaman, atau paksaan yang dilakukan seseorang untuk menindas orang lain entah itu secara fisik atau verbal. Biasanya dengan alasan yang beragam, atau dikarenakan pelaku bullying tidak menyukai individu lain atau hanya untuk kesenangan dan kepuasan pribadi semata.

Hingga kini kasus bullying masih ada dimana-mana, baik itu di sekolah, di lingkungan kerja, lingkungan sosial atau pun dunia maya. Aksi Bullying yang sering terjadi juga bermacam-macam, mulai dari secara secara fisik dengan menampar, memukul, menendang. Atau secara verbal yang menyerang mental seseorang misalnya, mencibir, menghina, mengejek, menjauhi atau menghindari untuk berteman.


Bullying tidak bisa dianggap sepele. Hal ini dapat mengancam gangguan fisik dan mental seseorang. Beberapa gangguan yang dapat terjadi misalnya,

1. Depresi

Ketika seseorang menjadi korban bullying dari seseorang atau kelompok, dia akan merasa ditekan namun tidak bisa untuk melawan dan akhirnya menyebabkan depresi dan perasaan takut yang tidak nyaman.

2. Dampak pada fisik

Bullying dapat menggangu kesehatan jangka panjang. Dilansir dari studi di The Conversation bahwa seseorang yang pernah menjadi korban bullying memiliki tingkat protein dalam aliran darah ( protein C-reaktif/CRP)

3. Menyendiri

Menyendiri adalah hal biasa yang dilakukan korban bullying. Karena dia merasa tidak ada orang yang dapat di percaya.

4. Hidupnya terbatas

Korban bullying akan merasa hidupnya terbatas, karena ia merasa melakukan hal yang ini salah dan yang itu salah. Ia akan terkurung dalam frustasinya sendiri. Lama kelamaan ia akan mengasingkan diri

5. Ketakutan

Korban bullying sering mengalami ketakutan pada hal-hal yang mungkin tidak nyata tau sebenarnya tidak terjadi. Namu karena rasa trauma yang dimiki ia akan merasa takut dimanapun ia berada.

6. Ingin bunuh diri

Keinginan bunuh diri adalah salah satu yang biasanya dilakukan oleh korban bullying. Ia merasa tidak dihargai dan diharapkan. Korban akan merasa lebih baik jika tidak ada ditengah masyarakat

Mulai sekarang stop bullying ya guys, berbaiklah dalam bertindak dan berkata. Karena bullying adalah tindakan yang sangat tidak manusiawi, jahat dan kejam.



    KOMENTAR