Trennya Main Layangan Saat Ini, Jadi Candu Di Masyarakat

Rancah.com – “Lihatlah itu bapak yang tadi pagi. Hebat ya bapak itu, sampai sore begini masih tahan bermain layangan.” Perkataan saya secara spontan. Layang-layang saat ini tengah digandrungi oleh semua masyarakat Indonesia. Begitu juga dengan masyarakat Bali. Langit di Denpasar dari pagi sampai malam selalu siap hadir untuk menari-nari di udara. Pesona layang-layang begitu kuat sehingga masyarakat dari anak kecil, remaja, pemuda, hingga orang tua berlomba-lomba untuk memainkannya.

Layang-layang merupakan permainan yang terbuat dari lembaran kertas ditempelkan ke kerangka batang bambu. Kemudian layang-layang dihubungkan dengan benang sebagai kendali untuk menerbangkannya. Harus diingat untuk menerbangkan layang-layang lebih aman dimainkan di lapangan yang kosong atau di pematang sawah yang belum ditanami.

Bermain layang-layang ini begitu berkesan bagi banyak orang. Kesan dari permainan layang-layang bahkan dibuatkan menjadi sebuah lagu. Lagu layang-layang yang diciptakan oleh pak Kasur. Kuambil buluh sebatang. Kupotong sama panjang. Kuraut dan kutimbang dengan benang. Kujadikan layang-layang. Bermain berlari. Bermain layang-layang. Berlari kubawa ke tanah lapang. Hati gembira dan riang. Begitulah lirik dari lagu layang-layang ciptaan pak Kasur.

Seperti dari lirik lagu yang diciptakan oleh pak Kasur. Layang-layang membuat hati gembira dan riang. Begitulah perasaan yang dirasakan oleh orang-orang yang bermain layang-layang. Tentu saja membuat hati yang gembira dan riang. Seandainya tidak membuat hati gembira dan riang, maka  otomatis layang-layang sudah tidak menarik lagi untuk dimainkan. Kalau tidak menarik lagi permainan layang-layang ini akan pelan-pelan dilupakan.

Tidak hanya pak Kasur yang menciptakan lagu tentang layang-layang. Group band Koes Plus juga membuat lagu tentang layang-layang. Layang layang yang kusayang. Layang layang yang ku sayang. Jauh tinggi sekali melayang layang. Begitulah lirik awal dari lagu layang-layang ciptaan dari Koes Plus. Dari lagu ini terlihat layang-layang tidak sekedar permainan biasa. Layang-layang sudah menjadi permainan yang sangat disayangi. Hebat ya permainan layang-layang ini. Tidak hanya pecipta lagu anak-anak yang menciptakan lagu tentang layang-layang. Musisi besar Koes Plus juga ikutan membuat lagu tentang layang-layang. Begitulah layang-layang terbanglah semakin tinggi ke angkasa.

Permainan layang-layang sangat hebat. Permainan layang-layang seperti tidak ada matinya. Keberadaannya seperti tidak bisa dipunahkan. Padahal permainan-permainan baru selalu bermunculan. Apalagi bagi anak jaman sekarang, kebanyakan anak jaman sekarang bermain melalui daring terasa lebih menyenangkan. Dalam segala situasi juga layang-layang tetap bertahan. Bahkan kondisi pandemi covid sekalipun juga tidak terlalu berpengaruh untuk menghilangkan minat masyarakat untuk bermain layang-layang. Keseruan bermain layang-layang selalu tersaji dari dahulu sampai sekarang.

Saking menyenangkannya bermain layang-layang membuat banyak orang seperti tidak memperdulikan waktu. Pagi hari layang-layang sudah banyak yang mengudara. Layang-layang ini seperti melambai-lambai kepada kita dengan mengucapkan ‘semangat ya menjalani harinya’. Siang hari masih menari-nari juga di udara dan seperti masih berkata ‘apakah masih semangat menjalani hari’. Sore hari juga layang-layang masih ada di udara dan seperti berkata ‘bagaimana harinya? Apakah sangat menyenangkan? Mana lebih menyenangkan dibandingkan dengan bermain bersamaku?’. Begitulah kira-kira imajinasi saya. Di sore hari seperti puncaknya orang bermain layang-layang. Karena jumlahnya lebih banyak yang mengudara dibandingkan dengan pagi dan siang. Tidak berhenti di sore hari pada waktu malam ternyata masih ada juga yang menaikkan layang-layang. Benar-benar layang-layang sudah menjadi pesona yang tidak terelakkan bagi banyak orang.

Bermain layang-layang dari pagi sampai sore itu sudah biasa. Nah ini bermain layangan di malam hari. Kita mungkin bertanya. Dimana letak menyenangkannya ketika bermain layang-layang dalam kodisi gelap-gelapan? Begitulah manusia selalu senang untuk berinovasi. Layang-layang juga sebagai wadah manusia untuk mengeluarkan kreatifitasnya. Karena tidak puas bermain layang-layang pada saat kondisi masih terang, maka dibuat solusi untuk bermain layang-layang pada saat hari sudah gelap.

Solusi bermain layang-layang ditempat gelap yaitu membuat layang-layang menjadi terang. Begitulah kira-kira pemikiran penemu layang-layang yang ditempeli dengan lampu. Kerlap-kerlip lampu di layang-layang seolah-olah menyerupai bintang di langit. Warna-warni lampu layang-layang membuat langit yang gelap semakin ceria di malam hari.