Kue Odading Mendadak Viral Berkat Promosi Penjual Yang Ngegas

Kue Odading yang sedang viral. Foto: brisik.id

Rancah.com – Promosi dalam penjualan makanan tentu harus mengedepankan sifat kreatif dan unik jika ingin mendapatkan menarik perhatian pelanggan.

Baru-baru ini ada kue bernama ‘Odading’, yang belakangan ini ramai diperbincangkan setelah video review kuliner yang dibuat artis Instagram Ade Londok viral di media sosial.

Cakweh & Odading Mang Soleh, itulah namanya. Seperti ini Odading Mang Sholeh yang dimaksud, sebuah gerobak biru berdiri di Jalan Baranangsiang atau dekat Gedung Kesenian Rumentang Siang, Kota Bandung, dikutip dari laman Kompas.

Gerobak Odading milik Mang Oleh

Dalam video yang viral tersebut, kalimat cukup nyeleneh adalah “rasanya (setelah dimakan) seperti Anda menjadi Ironman”. Dalam video itu terselip juga beberapa kata-kata kasar yang juga diingat oleh masyarakat.

Berkat video viralnya tersebut, pembeli odading dan cakueh sampai mengantre untuk membeli kue goreng tersebut.

Bahkan, saking ramainya, anak-anak Mang Oleh sampai harus mengeluarkan dua kompor untuk memasak adonan odading dan cakueh.

“Kira-kira sudah empat hari ini ramai. Ramainya setelah video Kang Ade Londok viral,” kata Mang Oleh.

cuplikan video viral Odading Mang Oleh

Sebelum viral, Mang Oleh mengatakan, dia setiap hari hanya menghabiskan sekitar 30 sampai 40 kilogram adonan odading dan cakueh.

Sudah empat hari ini, lanjut Mang Oleh, adonan odading dan cakueh yang mampu dihabiskan bisa mencapai satu kuintal setiap hari. Sebanyak 60 persen adonan odading dan 40 persennya adonan cakueh.

“Sebelum viral omzet per hari Rp 700.000. Setelah viral, ya, dikali empatlah (sekitar Rp 2,8 juta),” tutur Mang Oleh. Sebelum video itu viral, Mang Oleh sempat keberatan dengan kata kasar di ujung video. Namun, setelah viral, Mang Oleh justru mengaku bersyukur.

“Memang bapak awalnya merasa kurang enak dengan kata-kata itu. Tapi, alhamdulillah ternyata jadi viral, jadi enakin bapak malah sekarang. Enggak masalahlah sama Kang Ade. Justru saya mengucapkan terima kasih sama Kang Ade,” jelasnya.