Mengapa di Sekolah Rentan Terjadi Bullying?

Kegiatan bullying tidak hanya terjadi di lingkungan umum loh, malah banyak kasus bullying terjadi di lingkungan sekolah. Miris memang kala kita mendengar kasus-kasus bullying yang terjadi disekolah-sekolah. Kenapa sih hal ini bisa terjadi disekolah yang notabene nya orang –orang berpendidikan ? Loh kok bisa? Yuk simak kenapa  sih tindakan bullying bisa terjadi disekolah!

Sekolah merupakan sebuah lingkungan baru bagi siswa dan siswi yang baru masuk. Hal ini bisa menjadi sasaran bullying bagi para senior untuk meluapkan balas dendam mereka terhadap apa yang pernah mereka terima di masa awal mereka masuk sekolah oleh para senior maupun hanya sekedar mencari perhatian semata.

Coba kita terawang lebih jauh lagi, ingat ingat masa ketika kita masuk pertama kali perhatikan betapa tindakan bullying rasanya sudah menjadi budaya yang melekat erat di sekolah dan kita sebagai korban tak pernah mengadukan hal ini kepada siapapun. Kita begitu polos dengan mudahnya mau menuruti perintah para senior karena menganggap hal ini adalah bagian dari pelajaran.

Ketika kita pertama kali masuk,  dalam rangka masa orientasi siswa para senior sering menyuruh kita melakukan tindakan yang bahkan rasanya tak masuk akal. Hal ini mereka lakukan dengan dalih untuk menanamkan disiplin. Oke hal ini memang bagus disiplin memang harus ditanamkan sedini mungkin agar kita bisa terbiasa dengan disiplin itu sendiri. Nah tapi tindakan tindakn yang silakukan para senior kadang hanya dilakukan sesuai dengan kemauannya.

Hal ini jelas salah dan hal ini seolah seperti sebuah balas dendam yang terus berlanjut sapai generasi yang akan mendatang. Kenapa harus demikian? Bukankah aturan dari sekolah tentang kedisiplinan sudah jelas? Mengapa tidak kita fokuskan sesuai dengan aturan sekolah saja. Jadi mulai saat ini hentikan balas dendam atas perlakuan senior pada kita dulu. Tak apa tindakan  itu hanya berhenti di kita ,cukup kita yang merasakannya biarkan generasi kita lebih menikmati ketenangan dan mari menjadi bagian dari perubahan. Karena perubahan dimulai dari diri kita.

Mari lakukan perubahan..terimakasih sudah membaca 🙂