Food Truck Efektif Enggak Sih saat Pandemi?

Keterangan gambar: Ilustrasi modifikasi mobil menjadi foodtruck

Banyak orang kebingungan mencari solusi untuk melanjutkan hidup dikala pandemi Covid-19 yang kita alami bersama saat ini. Tak terkecuali para pengusaha kuliner, baik yang besar maupun kecil. Adanya pembatasan untuk keluar rumah membuat para pengusaha kuliner menutup sementara lapak mereka sampai waktu yang ditentukan oleh pemerintah. Kurang lebih sudah empat bulan mereka tidak mendapatkan pemasukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Bulan Juni ini pemerintah melonggarkan aturan bagi para pengusaha untuk kembali berjualan agar tidak kehilangan mata pencahariannya. Walaupun protokol kesehatan diterapkan oleh pengusaha kuliner di lapak mereka, namun keinginan masyarakat untuk keluar rumah masih rendah karena takut akan tertular virus ini jika keluar rumah dan berinteraksi dengan orang-orang. Para pengusaha pun harus memutar otak lagi agar orang-orang tetap dapat membeli produk mereka.

Food truck merupakan salah satu solusi agar pengusaha kuliner dapat kembali mendapatkan pelanggan. Seperti yang kita ketahui, foodtruk adalah sebuah bisnis kuliner dengan menggunakan mobil berukuran besar sehingga dapat disebut dengan truck yang dimodifikasi sedemikian rupa sehingga dapat digunakan untuk berjualan.

“Tapi kenapa food truck? Bukankah promosi secara online dan mengantarkan makanan ke pelanggan saja sudah cukup?”. Pertanyaan itu pun muncul karena mengingat jika ingin berjualan menggunakan food truck harus mengeluarkan modal lagi untuk membeli mobil (truck). Dengan adanya larangan berkumpul di suatu tempat termasuk kafe atau restoran, maka pengusaha pun akan mengurangi jam kerja atau jumlah karyawan yang justru menyebabkan hilangnya pekerjaan dan pendapatan mereka. Oleh karena itu, selain melakukan promosi secara online dan mengantarkan pesanan ke pelanggan, adanya food truck merupakan solusi agar bisnis tetap berjalan tanpa mengurangi jumlah karyawan. Karena walaupun jumlah karyawan di tempat berjualan dibatasi, karyawan lain dapat tetap bekerja dengan menggunakan food truck ini.

Baca Juga :   Tips Keuangan Untuk Online Shop Pemula

Sebelumnya, food truck biasa kita jumpai pada saat acara dan kegiatan tertentu atau pun mangkal di satu wilayah. Adanya virus ini menyebabkan kegiatan yang membuat orang untuk berkumpul seperti konser, pameran, dan sejenisnya pun ditiadakan. Karena adanya hal tersebut, maka saat ini fungsi food truck tidak hanya terdapat di kegiatan tertentu, melainkan dapat berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain agar mendapatkan lebih banyak pelanggan.

Agar modal yang dikeluarkan pengusaha tidak terlalu besar untuk menjalankan food truck ini, pengusaha tidak perlu membeli mobil baru yang khusus digunakan untuk food truck karena mobil perusahaan untuk mengantar bahan-bahan baku pun dapat dimodifikasi sehingga dapat digunakan sebagai food trucknya. Selain itu, mobil bekas juga dapat pula dimodifikasi, serta tidak perlu merekrut karyawan baru karena dapat memanfaatkan jam kerja karyawan lain di kafe atau restoran mereka sehingga pengusaha tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk memulainya.

Walaupun food truck biasanya identik dengan makanan cepat saji dan kekinian seperti yang terdapat di kafe, pengusaha restoran pun dapat pula menjalankan bisnisnya dengan menggunakan food truck ini. Agar proses pembuatan pesanannya tidak memerlukan waktu yang lama, maka pengelola food truck harus mempersiapkan lebih baik bahan-bahan yang akan dibuat, serta tidak terdapat perbedaan rasa dan kualitas makanan antara yang disajikan di food truck atau pun di lokasi restorannya.

Baca Juga :   Meraih Untung dari Bisnis Jualan Gorengan

Saat masa-masa awal food truck mulai populer di Indonesia, para pengusaha memunculkan ide-ide kreatif dengan memberikan desain yang menarik pada food truck mereka.  Setiap pengusaha memiliki ciri khas food truck mereka agar mudah dikenali oleh pelanggan. Maka dari itu, seiring dengan berjalannya waktu saat ini food truck seharusnya dapat dikembangkan lebih baik dan menarik agar pelanggan tertarik untuk mengunjungi food truck kita. Selain desain menarik dan ciri khas yang harus dimiliki oleh setiap pengusaha pada food truck mereka, terdapat hal lain yang penting dan perlu diterapkan oleh pengusaha dalam menjalankan food truck ini, yaitu memberikan penawaran-penwaran khusus yang hanya berlaku pada pembelian melalui food truck dan mempromosikannya di akun-akun sosial media. Sehingga pelanggan mengetahui keberadaan food truck ini dan tidak perlu jauh-jauh mengunjungi lokasi kafe atau restoran yang menerapkannya. Dengan demikian food truck yang dijalankan ini akan lebih efisien dan memberikan dampak positif baik untuk pengusaha, karyawan, maupun pelanggan.

Baca Juga :   5 Jenis Usaha Ini Sangat Cocok Saat Ini, Mudah Murah Dan Booming

Jika di masa pandemi saat ini pengusaha hanya menunggu pelanggan datang atau pun melalui pesanan online, maka dengan food truck yang fleksibel dan mobile ini pengusaha dapat mengunjungi pelanggan secara langsung bahkan memperoleh lebih banyak pelanggan baru, tentu dengan memperhatikan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan.

Food truck yang bersifat fleksibel dan mobile membuatnya dapat mengunjungi banyak lokasi, seperti taman, perumahan, pinggir jalan, dan lokasi lain. Untuk mengatasi adanya kerumunan saat kita berjualan suatu tempat, maka diperlukan pembatas jarak, jumlah maja dan kursi yang tidak banyak, serta membatasi durasi menetap di tempat tersebut kemudian berpindah lagi ke tempat lainnya dengan menerapkan sistem yang sama. Pelanggan pun diwajibkan mematuhi peraturan yang telah dibuat oleh pemerintah, seperti menggunakan masker ketika keluar rumah, menjaga jarak dan tidak melakukan kontak fisik dengan orang lain, serta peraturan-peraturan lain.

Metode promosi online yang biasanya hanya mempromosikan kepada pelanggan untuk mengunjungi kafe atau restoran yang kita miliki, sekarang dapat pula memberikan informasi mengenai dimana saja tujuan atau pun rute yang akan dilewati oleh food truck. Selain itu, pelanggan pun dapat pula mengusulkan kepada pengelola food truck agar mengunjungi tempat-tempat yang sekiranya perlu didatangi. Sehingga pelanggan pun akan antusias menyambut metode penjualan ini serta tidak perlu khawatir bepergian jauh keluar rumah karena food truck yang akan mendatangi lokasi-lokasi mereka.